Selasa, 28 Maret 2017

Guru Teladan 01

Guru Teladan 01

Karakter-karakter  yang harus dimiliki seorang guru teladan :

[ IKHLAS AMALAN TUJUAN UTAMA ADALAH UNTUK MENCARI RIDHA ALLAH ]

            Niat merupakan penentu utama sebuah amalan, betapa banyak amalan yang mulia dan tinggi tetapi rusak karena pengaruh niat yang rendahan dan sebailiknya betapa banyak amalan yang biasa saja menjadi tinggi dan mulia karena pengaruh niat. Bahkan disebutkan dalam hadits Shahih riwayat Imam Muslim, salah satu golongan yang pertama akan dilempar ke dalam api neraka adalah, seseorang yang belajar ilmu  dan mengajarkan ilmunya tapi tidak benar niatnya :

((وَرَجُلٌ تَعَلَّمَ الْعِلْمَ وَعَلَّمَهُ وَقَرَأَ الْقُرْآنَ فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا؟ قَالَ: تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ وَعَلَّمْتُهُ وَقَرَأْتُ فِيكَ الْقُرْآنَ، قَالَ: كَذَبْتَ وَلَكِنَّكَ تَعَلَّمْتَ الْعِلْمَ لِيُقَالَ عَالِمٌ وَقَرَأْتَ الْقُرْآنَ لِيُقَالَ هُوَ قَارِئٌ فَقَدْ قِيلَ ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِي النَّارِ، وَرَجُلٌ وَسَّعَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَعْطَاهُ مِنْ أَصْنَافِ الْمَالِ كُلِّهِ فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا؟ قَالَ: مَا تَرَكْتُ مِنْ سَبِيلٍ تُحِبُّ أَنْ يُنْفَقَ فِيهَا إِلَّا أَنْفَقْتُ فِيهَا لَكَ قَالَ كَذَبْتَ وَلَكِنَّكَ فَعَلْتَ لِيُقَالَ هُوَ جَوَادٌ فَقَدْ قِيلَ ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَـسُحِبَ عَـلَى وَجْهِهِ ثُمَّ أُلْقِيَ فِي النَّارِ ))
"Berikutnya orang (yang diadili) adalah seorang yang menuntut ilmu dan mengajarkannya serta membaca Alquran. Ia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatannya, maka ia pun mengakuinya. Kemudian Allah menanyakannya, 'Amal apakah yang telah engkau lakukan dengan kenikmatan-kenikmatan itu?' Ia menjawab, 'Aku menuntut ilmu dan mengajarkannya serta aku membaca Alquran hanyalah karena Engkau.' Allah berfirman, 'Engkau dusta! Engkau menuntut ilmu agar dikatakan seorang alim (yang berilmu) dan engkau membaca Alquran supaya dikatakan seorang qari’ (pembaca Alquran yang baik) dan hafiz. Memang begitulah yang dikatakan (tentang dirimu).' Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeret atas mukanya dan melemparkannya ke dalam neraka."

Profesi guru merupakan profesi yang sangat tinggi dan mulia maka hendaklah dijaga dengan niat yang baik pula.
Bagaimana niat yang baik dan benar dalam mengajar ?

1.    Meniatkan utama ibadah mencari pahala dari Allah, karena mengajarkan ilmu yang baik dan bermanfaat adalah ibadah yang mulia dan pahala sangat banyak.
2.    Meniatkan untuk mamajukan, meninggikan dan menyebarkan agama Islam
3.    Meniatkan untuk menolong dan memberi manfaat kepada orang lain, kepada anak-anak kita kepada murid-murid kita dan kepada para wali murid.
4.    Meniatkan bekerja dalam rangka menjaga kehormatan diri dan memberi kecukupan kepada keluarga.

Sedangkan masalah pujian manusia, status sosial ataupun gaji tidak boleh menjadi niatan dan tujuan utama, akan tetapi harus kita yakini, kalau kita bekerja menjadi guru dengan ikhlas dan penuh amanah dan kedisiplinan, pasti Allah tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang ikhlas, pasti Allah akan memberi balasan yang terbaik di dunia dan akherat.


Berbagi ilmu dan faidah


Sditalfalahcawas.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar