Selasa, 07 Maret 2017

Aqidah Asma' wa Sifat bagian 1






TAUHID  ASMA’  WA  SIFAT

1)       Arti dari Tauhid Asma’ wa Sifat             :
Meyakini dan menetapkan bahwa Allah “ta’ala” mempunyai nama-nama yang sangat bagus dan sifat-sifat yang sangat mulia yang tidak mungkin disamai dan disaingi oleh makhluknya, sesuai dengan keterangan Allah “ta’ala” di dalam Al Qur’an dan sesuai dengan keterangan Rasulullah “shalallahu ‘alaihi wa salam” di dalam sunnahnya yang mulia.

2)     Manfaat mempelajari Tauhid Asma’ wa sifat      :
(ولله الأسماء الحسنى فادعوه بها) ... [الأعراف: 180]
180. hanya milik Allah asmaa-ul husna[585], Maka berdoalah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu.
·         Doa ada macam :
ü  Doa ibadah.
ü  Doa permintaan.

a   -  Manfaat Tauhid Asma’ wa sifat dalam doa ibadah.

(1)  Ibadah Taubat       : seorang yang beriman dengan asma wa sifat akan senantiasa bertaubat kepada Allah ta’ala dalam keadaan taat atau saat terjatuh dalam dosa, karena mengetahui salah satu nama atau sifat Allah adalah : Yang Maha Menerima Taubat yang akan menghasilkan perbuatan banyak memberi taubat.
فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا
3. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. [An Nasr : 03]

(2)  Ibadah hatinya      : seorang yang beriman dengan asma wa sifat senantiasa menjaga kesucian dan kebersihan hatinya, menghindari niatan-niatan yang kotor dan jelek, karena mengetahui Nama atau Sifat Allah, Yang Maha Mengetahui yang tersembunyi di hati.
{يَعْلَمُ خَائِنَةَ الأعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُورُ} [غَافِرٍ: 19]
19. Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat[1318] dan apa yang disembunyikan oleh hati.

(3)  Ibadah lisannya     : seorang yang beriman dengan asma wa sifat senantiasa menjaga lisannya dengan bacaan Al Qur’an, dzikir dan ucapan-ucapan yang baik, menjauhi ucapan dosa, dusta dan kotor karena mengetahui Allah Maha Mendengar.
وَإِمَّا يَنزغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نزغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ}
200. dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan Maka berlindunglah kepada Allah[590]. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. [Al A’rof : 200]

(4)  Ibadah anggota badannya                   : seorang yang beriman dengan asma wa sifat senantiasa menjaga anggota badannya untuk dipergunakan dalam ibadah dan dalam kebaikan, menjauhi dosa dan kemaksiatan atau perbuatan yang mengganggu orang lain, karena mengetahui bahwa Allah Maha Melihat.
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
110. dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan. [Al Baqarah : 110].

b)    Manfaat Tauhid Asma’ wa sifat dalam doa ibadah   :
Salah satu sebab terkabulnya doa adalah, seorang hamba berdoa meminta sesuatu yang diinginkan dengan menyebut Nama Allah yang sesuai dengan permintaannya, misalnya :
( “Yaa Ngofuurur Rahiim” : Ampunilah dosa-dosaku, “Yaa Hafidzun” : Jagalah diriku dan keluargaku dari mara bahaya, “ Yaa Haady” : berilah petunjuk kepadaku jalan yang benar )

Abul Hasan Ali, Cawas 09 Jumadil Akhir 1348 H / 08 Maret 2017 M