Orang Tua dan Guru Harus Kerjasama Sinergis
19
Agustus 2017 09:05:48
SAHABAT KELUARGA AL
FALAH-
Tanggung jawab keberhasilan pendidikan seorang anak yang pertama
dan utama berada di pundak orang-tua.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ
وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ
غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا
يُؤْمَرُونَ
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu
dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya
malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa
yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
[at-Tahrîm/66:6].
[at-Tahrîm/66:6].
Orang tua harus menjalin
komunikasi dan kerja sama yang baik dengan guru di sekolah.
Allah Azza wa Jalla
berfirman:
ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا
عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ
الْعِقَابِ
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan
takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan
bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya
[al-Mâidah/5:2]
Sebagai pihak yang sama-sama memiliki tujuan untuk
mengoptimalkan perkembangan anak, baik secara intelektual, akademik dan
karakter, hubungan yang terjalin antara orang tua dan guru merupakan hal yang
krusial.
Terdapat beberapa cara
untuk menjaga hubungan dengan guru demi kepentingan anak, antara lain :
Pertama, anggaplah guru sebagai mitra. Jika ada
permasalahan anak jangan saling menyalahkan, tetapi cari solusi yang terbaik Dengan
orang tua dapat memperbanyak diskusi dengan pihak sekolah atau guru
demi kebaikan anak
Kedua, sampaikan apa yang menjadi concern orang
tua mengenai anak. Bila memang hal tersebut perlu disampaikan dengan latar
cerita penyebabnya (misalnya anak menjadi sering mengamuk dan menangis
tiba-tiba semenjak orang tua bercerai, anak akan segera memiliki adik, anak
akan mulai dilatih toilet training, dll), maka ceritakanlah dengan detil dan
seobjektif mungkin
Ketiga, hargai saran yang diberikan oleh guru
saat hal tersebut berlandaskan alasan syariat dan sesuai akal sehat dan
berorientasi pada kepentingan anak
Keempat, pahami pula bahwa dalam lingkungan sekolah,
satu guru perlu menghadapi beberapa anak secara bersamaan, bukan hanya satu
anak saja.
Maka apabila ada
informasi yang tidak tertangkap oleh guru di sekolah, ada baiknya orang tua
dapat berperan aktif, misalnya dengan menyampaikan perubahan anak yang mereka
anggap perlu mendapat perhatian lebih agar guru menjadi lebih jeli akan hal
tersebut
Kelima,
ikutilah dan berperan aktif dalam setiap kegiatan sekolah, dalam kajian
parenting, dalam kajian bulanan dan lain-lainnya.
Agar kelima hal itu
bisa terlaksana dengan baiki, maka orang tua harus memilih sekolah yang
memfasilitasi jalur komunikasi antara orang tua dan guru dengan baik. Saat ini
beberapa sekolah telah menggunakan buku penghubung antara orang tua dan guru
yang berisikan kegiatan serta hal khusus yang dialami anak pada hari tersebut.
Buku penghubung
biasanya bersifat 2 arah dan dapat diisi baik oleh guru maupun orang tua murid
agar perkembangan anak terpantau oleh kedua pihak. Bahkan pada beberapa
sekolah, disediakan pula group komunikasi, seperti whatsapp, lain untuk
mempermudah pantauan orang tua.
Media komunikasi yang
telah dan akan diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Al Falah :
1.
Media group SMS tiap kelas dengan wali murid masing-masing.
2.
Media group WA tiap kelas.
3.
Media group WA umum bagi seluruh wali murid.
4.
Pertemuan Awal Tahun : wali murid baru berkenalan dengan wali
kelas baru dengan kepala sekolah dan sosialisasi tata tertib sekolah.
5.
Pertemuan dan pembagian hasil belajar siswa tiap tengah
semester.
6.
Pertemuan dan pembagian hasil belajar siswa tiap akhir semester.
7.
Pentas Ilmiyah Akhir Tahun.
8.
Kelas Parenting bagi orang tua.
9.
Bulletin, Majalah Dinding dan Majalah Sekolah.
Sumber :
Sahabat pendidikan Kemendikbud
Tidak ada komentar:
Posting Komentar