Senin, 16 April 2018

Tips Pendidikan
CARA MEMBUAT TEKA TEKI SILANG (TTS) untuk melatih ingatan dan mengulang pelajaran putra putri kita.
Mungkin di antara kita ada orang-orang kreatif dan suka membuat yang namanya teka-teki silang atau sering kita sebut TTS. Tetapi kita tidak menggunakan tulis tangan ataupun langsung dengan tangan, kita kali ini akan menggunakan media komputer untuk membuatnya, sehingga akan lebih rapih dan lebih cantik, sehingga akan lebih menarik untuk dilihat dan orang akan lebih tertarik untuk mengerjakannya.
Kita tidak membuatnya di Microsoft excel karena menurut saya itu cukup rumit dan membingungkan apalagi melihat menu-menu di atasnya, dan semuanya serba kotak-kotak. Bisa-bisa nanti kita stress dan menjadi gila jika tidak pandai-pandai memakainya. Kita akan menggunakan Microsoft word yang hampir semua orang bisa menggunakannya, karena fungsinya layaknya kita menulis biasa dengan bantuan fitur-fitur menarik sehingga akan lebih mudah digunakan, terlebih lagi untuk orang-orang yang baru belajar komputer dan awan di dunia media elektronik. Untuk membuatnya tentu saja kita akan menggunakan fitur-fitur yang ada di Microsoft word.
Pertama-tama kita buka menu “Insert”, tepat di sebelah kanan menu utama “Home” dan paling atas. Setelah itu pilih “table” dan pilih berapa kotak yang kita butuhkan, untuk memudahkannya kita buat banyak saja, karena jika sisa tinggal kita hapus saja. Layaknya membuat TTS biasa, kita pilih kotak-kotak yang akan diisi dengan jawaban, dan bagi kotak-kotak sisanya yang tidak digunakan kita hitami saja, caranya arahkan kursor ke kotak tadi dan lihat di menu design, nah di situ ada menu “shading”, tinggal kita pilih mana warnanya, biasanya kalau TTS itu warna hitam.
Setelah itu, jika kita ingin meletakkan angka sebagai nomor pertanyaan TTS, kita bisa mengaturnya dengan memblok kotak yang mau diletakkan nomor tadi, kemudian klik kanan dan pilih “cell alignment”. Lalu atur di sudut kiri atas, jika hurufnya kebesaran maka kita dapat mengecilkannya, cara praktisnya bisa dengan memblok angka tersebut dan klik “shift” + “<” untuk memperkecilnya. Setelah itu terserah anda, silahkan berkreasi sendiri dengan kreatifitas dan inovasi kita masing-masing. Semakin tinggi kreatifitas kita maka akan semakin cantik hasilnya. Begitu sederhana dan mudah bukan? Ayo silahkan dicoba tunggu apalagi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar