Selasa, 06 Februari 2018


ADAB PERSAUDARAAN
DI ATAS MANHAJ SALAFIYAH

موافقة الإخوان
ومنها قلة الخلاف للإخوان، ولزوم موافقتهم فيما يبيحه العلم والشريعة. قال أبو عثمان: (موافقة الإخوان خير من الشفقة 
عليهم).

Diantara adab persaudaraan adalah meminimalkan perbedaan diantara para sahabat, senantiasa berusaha mencocoki mereka selama di dalam perkara yang DIPERBOLEHKAN dalam ilmu dan syariat. [bukan dalam dosa dan kemaksiatan]
Berkata Abu Utsman : “ berusaha senantiasa mencocoki para sahabat lebih utama dari menyayangi mereka”.

سلامة القلب وإسداء النصحية
ومنها سلامة قلبه للإخوان، والنصحية لهم، وقبولها منهم، لقوله تعالى: (إِلّا مَن أَتى اللَهَ بِقَلبٍ سَليمٍ). وقال السقطي رحمه الله: (من أجل أخلاق الأبرار سلامة الصدر للإخوان والنصيحة لهم

Diantara adab persaudaraan adalah berusaha menyelamatkan hati-dari kebencian-kepada para sahabat dan memberikan nasihat kepada mereka dan menerima nasihat dari mereka, berdasarkan firman Allah ta’ala (kecuali orang-orang yang datang kepada Allah dengan hati yang selamat).
Berkata As Suqthi –semoga Allah merahmatinya- :”Termasuk akhlak yang paling mulia dari orang-orang yang baik adalah menyelamatkan hati-dari kebencian-kepada para sahabat dan senantiasa memberi nasihat kepada mereka.


حنث الوعد
ومنها ألا يعدهم ويخالفهم، فإنه نفاق. قال عليه الصلاة والسلام: (علامة المنافق ثلاث: إذا حدث كذب، وإذا وعد أخلف، وإذا ائتمن خان). وقال الثوري رحمه الله: (لا تعد أخاك وتخلفه فتعود المحبة بغضة).

Diantara adab persaudaraan adalah jangan sampai berjanji kepada mereka kemudian tidak menetapinya, karena termasuk kemunafikan. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “ Tanda orang munafim ada 3, jika bebicara berdusta, jika berjanji tidak menetapi dan jika diberi amanat berkhianat”.

Berkata Ats Tsauri –rahimahullah : “Jangan engkau berjanji kepada saudaramu kemudian engkau tidak menetapinya, sehingga menyebabkan kecintaan menjadi kebencian"

Referensi :
Kitab Adabul Israh
Karya Abul Barakaat Al Ghozzi.

Faidah Forum Salafy Klaten



Tidak ada komentar:

Posting Komentar