Senin, 05 Februari 2018

ADAB PERSAUDARAAN
DI ATAS MANHAJ SALAFIYAH



حسن الخلق
حسن الخلق مع الإخوان والأقران والأصحاب، اقتداءً برسول الله صلى الله عليه وسلم فإنه قال، وقد قيل له: ما خير ما أعطي المرء؟ قال: (حسن الخلق).
§  Berakhlak Mulia :

Berakhlak mulia kepada saudara, teman  dan sahabat, dalam rangka meneladani Rasulillah –shalallahu ‘alaihi wa sallam, karena sesungguhnya Beliau pernah bersabda, saat ditanyakan kepadanya : Pemberian apa yang terbaik yang bisa dipersembahkan oleh seseorang ? Beliau menjawab : Akhlak yang mulia.

[HR Bukhori dalam Adabul Mufrad, Ibnu Hibban, Al Hakim dan Ath Thabrany]

تحسين العيوب
ومنها تحسين ما يعانيه من عيوب أصحابه؛ فقد قال ابن مازن: (المؤمن يطلب معاذير إخوانه، والمنافق يطلب عثراتهم)، 
وقال حمدون القصار: (إذا زل أخ من إخوانك، فاطلب له تسعين عذراً، فإن لم يقبل ذلك فأنت المعيب).

§  Memperbaiki kekurangan

Diantara adab persaudaraan adalah memperbaiki sesuatu yang menimpa dirinya dari sebab kekurangan yang ada pada saudaranya.

- Berkata Ibnu Mazin : “Seorang mukmin itu senantiasa mencari udzur(alasan untuk tetap berprasangka baik) atas kekurangan saudaranya, sedangkan orang munafik  senantiasa mencari kesalahan saudaranya”.

-Abu Qilabah ‘Abdullah bin Zaid al-Jarmi rahimahullah berkata:
إِذّا بَلَغَكَ عَنْ أَخِيْكَ شَيْءٌ تَكْرَهُهُ فَالْتَمِسْ لَهُ الْعُذْرَ جهْدَكَ، فَإِنْ لَمْ تَجِدْ لَهُ عُذْرًا فَقُلْ فِيْ نَفْسِكَ: لَعَلَّ لأَخِيْ عُذْرًا لاَ أَعْلَمُهُ
Jika sampai kepadamu kabar tentang saudaramu yang tidak kau sukai, maka berusahalah mencari udzur (alasan untuk tetap berprasangka baik) bagi saudaramu itu semampumu, jika engkau tidak mampu mendapatkan udzur bagi saudaramu, maka katakanlah dalam dirimu, ‘Mungkin saudaraku punya udzur yang tidak kuketahui.”

Referensi :
Kitab “Adabul ‘Isyrah”
Karya Abul Barakaat Al Ghozzy.


Faidah Forum Salafy Klaten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar