Minggu, 18 Februari 2018



Metode Salaf

Dalam Pendidikan Anak


أولاً: تعويدهم على الصلاة:

يقول الله تعالى:{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُواأَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ}[التحريم: 6]، قال علي رضي الله عنه: 'علموهم وأدبوهم' وعن الحسن البصري مثله، وقال تعالى مادحًا نبيه إسماعيل عليه السلام: {وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالصَّلاةِوَالزَّكَاةِ وَكَانَ عِنْدَ رَبِّهِ مَرْضِيّاً} [مريم:55]، وقال تعالى: {وَأْمُرْأَهْلَكَ بِالصَّلاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا} [طـه: 132]، قال ابن مسعود رضي الله عنه: 'حافظوا على أبنائكم في الصلاة، ثم تعوَّدوا الخير؛ فإن الخير بالعادة'، ولا مانع من إعطائهم الهدايا التشجيعية على أداء الصلاة؛ فقد روت عائشة ـ رضي الله عنها ـ أنهم كانوا يأخذون الصبيان من الكُتَّاب ليقوموا بهم في رمضان، ويرغبوهم في ذلك عن طريق الأطعمة الشهية،

Yang pertama : Pembiasaan Shalat

Allah ta’ala berfirman : […jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka…] {At Tahriim : 6}. Berkata Ali bin Abi Thalib : “Ajari keluarga kalian-ilmu agama- dan bimbinglah mereka etika kesopanan”.
 [Al Bir wa Sillah : Al Mawarzi]

Dan Allah ta’ala berfirman memuji Nabi Ismail : [ bahwasana senantiasa memerintahkan keluarganya untuk mendirikan shalat dan membayar zakat, dan -Ismail-termasuk orang yang diridhai di sisi Rabbnya.].

Allah ta’ala juga berfirman : [“Perintahkan keluarga kalian untuk senantiasa mendirikan shalat dan selalu bersabarlah dalam memerintahkan hal tersebut”.] {Thaha :132}.
Berkata Ibnu Mas’ud-semoga Allah meridhainya- : “jagalah anak-anak kalian untuk senantiasa mendirikan shalat, kemudian setelah itu biasakan mereka melakukan amalan-amalan yang baik, karena amalan baik akan bisa terlaksana kalau dibiasakan.
[Ath Thabrani : Al Kabiir]

Dan tidak mengapa untuk memberi hadiah dalam rangka memberi semangat anak-anak untuk melaksanakan shalat.

Dari ‘Aisyah -radhiallah ‘anha- meriwayatkan bahwasanya para shahabat, mereka membawa anak-anak ke tempat belajar khusus anak-anak untuk mendirikan -shalat- pada bulan Ramadhan dan memberi semangat mereka dengan membawakan makanan-makanan yang mereka sukai”.

Referensi :

دروس من تربية السلف لأبنائهم
sditalfalah.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar