Selasa, 13 Februari 2018

ANAKKU MENINGGAL...

Dimanakah anak kaum muslimin yang meninggal dunia? Di Surga atau di Neraka ? Atau tidak di keduanya ?

Anak, di usia bayi sampai sebelum balig, belum tercatat dosa dan belum terbebani dengan beban syariat. Karena mereka belum mukallaf. Lantas jika mereka meninggal, di manakah tempat mereka ?
Menurut pendapat yang rajih ( kuat ), mereka berada di dalam Surga. Berdasarkan hadits dari Ummu Sulaim -rodhiallohu anha- beliau berkata : aku di sisi nabi-shollallahu alaihi wa sallam-. Maka nabi berkata :
يا أم سليم ! ما من مسلمين يموت لهما ثلاثة أولاد إﻻ أدخلهما الله الجنة بفضل رحمته إياهم. قلت : واثنان ؟ قال : واثنان
"Wahai Ummu Sulaim ! Tidaklah ada dua orang muslim yang tiga anaknya meninggal dunia kecuali Allloh akan masukkan keduanya ke dalam Surga dengan sebab rahmat Alloh kepada mereka ( tiga anak yang meninggal dunia tersebut ). Aku berkata : ( Bagaimana ) jika dua orang anak ? Beliau menjawab : "( Walau ) dua orang anak." [ HR. Al Bukhari dalam "Al Adabul Mufrod" : 149/111 sebagaimana dalam shohih al adabul mufrod karya asy syaikh al albani -rohimahullah- cet. Kedua terbitan Dar Shiddiq th. 1415 H ].

Sisi pendalilan dari hadits di atas pada kaliamat : "dengan sebab rahmat Alloh kepada mereka ( tiga anak yang meninggal dunia tersebut )."
Anak-anak kaum muslimin yang meninggal dunia dirahmati oleh Alloh. Jika dirahmati oleh Alloh, maka dipastikan mereka di Sorga.
Sebagaimana dinyatakan oleh Al Imam Ibnu Abdi Barr -rohimahullah- beliau berkata : "Di dalam hadits ini terdapat dalil, sesungguhnya anak-anak kaum muslimin di Surga tanpa ada keraguan sama sekali. Karena apabila rahmat turun kepada orang tua mereka karena mereka ( anak-anak ), maka mustahil jika mereka ( para orang tua ) dirahmati dengan sebab orang yang tidak dirahmati oleh Alloh." [ At-Tamhid : 6/348 ]
30/7/2017
@Abdullah bin Abdurrahman Al Jirani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar