Selasa, 18 April 2017

Mutiara Salaf  22

[SEMANGAT BERDOA]

Doa adalah ibadah, oleh sebab itu ulama salaf, suri teladan kita yang terbaik mencontohkan kepada kita selalu semangat dalam berdoa, kapan saja.

عن سلمان الفارسي - رضي الله عنه - قال: إن العبد إذا كان يدعو الله في السراء، فنزلت به الضراء، فدعا قالت الملائكة: صوت معروف من آدمي ضعيف. فيشفعون له. وإذا كان لا يدعو الله في السراء، فنزلت به الضراء قالت الملائكة: صوت منكر من آدمي ضعيف، فلا يشفعون له. [صفة الصفوة 1/ 259].

§  Dari Salman Al Farisi-semoga Allah meridhainya-berkata :

“Seorang hamba jika selalu berdoa kepada Allah dalam keadaan lapang, kemudian setelah itu datang kepadanya kesempitan, kemudian dia berdoa lagi, maka berkatalah para malaikat : “Suara yang sudah dikenal dari hamba yang lemah(butuh pertolongan), maka para malaikat memberikan syafa’at untuk terkabulnya doanya.:
Jika seorang hamba tidak terbiasa berdoa dalam kelapangan, kemudian menimpa kepadanya kesempitan(kemudian dia berdoa), maka berkatalah para malaikat : suara yang tidak dikenal dari hamba yang lemah, maka mereka tidak memberi syafaat kepada terkabulnya doanya”.
[Sifat Ash Shoffwah 1/259]

وقال أبو الدرداء رضي الله تعالى عنه: ادع الله تعالى في يوم سرَّائك، لعله أن يستجيب لك في يوم ضرائك. [الحلية (تهذيبه) 1/ 178].
§  Berkata Abu Darda’ semoga Allah meridhainya :

“Berdoalah kepada Allah pada waktu-waktu lapangmu, semoga dengan itu Allah mengabulkan untuk engkau pada waktu-waktu sempitmu”.

[Al Hilyah 1/178]

وقال الفضيل بن عياض رحمه الله: والله لو يئست من الخلق حتى لا تريد منهم شيئًا، لأعطاك مولاك كلّ ما تريد. [جامع العلوم والحكم / 264].

§  Berkata Fudhail bin Iyyad-semoga Allah merahmatinya- :

“Demi Allah jika engkau tidak punya harapan dari manusia, sampai engkau tidak menginginkan (meminta sesuatu dari mereka) sedikitpun,
 pasti Walimu (yaitu Allah ta’ala) akan memberikan kepadamu, segala sesuatu yang kamu inginkan”.

[ Jaami’ Uluum wal Hikam 264 ]

Saudaraku...
[kenalilah Allah saat engkau lapang, pasti Allah akan mengenalmu saat engkau dalam kesempitan]



Berbagi ilmu dan faidah
Kunjungi dan ulas kami

Sditalfalahblogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar