Minggu, 09 April 2017

Mutiara Salaf 11

Mutiara Salaf  11

[ INTERAKSI DENGAN KELUARGA ]

          Ulama salaf selain mereka semangat di dalam ibadah kepada Allah, berwibawa, pemberani, kesatria, ditakuti hadapan musuh-musuh Islam, mereka adalah orang yang paling perhatian terhadap keluarga mereka, paling lembut dan penyayang kepada mereka.

عن الحسن قال: قال عمر بن الخطاب رضى الله عنه: النساءُ عَوْرَةٌ فاستروها بالبيوت، وداووا ضَعْفَهنّ بالسكوت. [عيون الأخبار 4/ 365].
§  Dari Al Hasan Al Basri, berkata : telah berkata Umar bin Khattab –semoga Allah meridhainya- :
”Para wanita adalah aurat maka lindungi aurat mereka dengan memberikan kepada mereka rumah, dan obatilah kelemahan-kelemahan mereka dengan diam(mengalah)”. [‘Uyuunul Akhbar : 4/365].

Catatan : diam bukan berarti membiarkan kesalahan, tetapi para wanita, lebih banyak mendahulukan perasaan dan emosi daripada syariat dan akal sehat, sehingga kalau muncul dari mereka ucapan atau perbuatan yang salah, seorang suami hendaknya diam terlebih dahulu, menunggu sampai emosi dan perasaannya reda, baru setelah itu dijelaskan sikap yang benar sesuai syariat dan akal sehat.

وقال عمر - رضي الله عنه -: ما أنفق رجل على نفسه وأهله نفقة إلا له أجرها، وليبدأ الرجل بمن يعول، ثم الأقرب فالأقرب، فإن فَضُل فليبدأ به. [موسوعة ابن أبي الدنيا 8/ 115].

§  Berkata Umar bin Khattab-semoga Allah meridhainya- :
“Tidaklah seorang laki-laki membelanjakan sesuatu untuk dirinya sendiri dan untuk keluarganya, kecuali baginya diberikan pahala. Dan hendaknya seseorang (dalam berinfak) mendahulukan orang-orang yang dibawah tanggungannya, kemudian keluarga terdekat, jika masih tersisa baru kepada yang lain”. [Maushu’ah Ibni Abi Dunya : 8/115]

وعن حذيفة رضي الله عنه. قال: أَقَرّ ما أكون عينًا، حين يشكو إلي أهلي الحاجة. [الحلية (تهذيبه) 1/ 206].

§  Berkata Hudzaifah-semoga Allah meridhainya-, berkata :
“Sungguh benar-benar hatiku berbunga-bunga (karena bahagia), pada saat keluargaku mengeluhkan kepadaku kebutuhannya”.                                     [Al Hilyah : 1/206]


Berbagi ilmu dan faidah

Kunjungi dan ulas kami

sditalfalahblogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar