Senin, 03 April 2017

Mutiara Salaf 02

Mutiara Salaf 02

[ TERCELANYA SIFAT MALAS ]

Para ulama salaf adalah manusia unggulan dan merupakan suri teladan yang terbaik, dalam urusan agama ataupun urusan akherat bagi umat Islam.
Mereka mencontohkan kepada kita untuk senantiasa bersikap rajin dan menjauhi sifat malas.

§       قال عبد الله بن مسعود - رضي الله عنه -: "إني لأبغض الرجل أن أراه فارغًا ليس في شيء من عمل الدنيا، ولا في عمل الآخرة" [(رواه الإمام أحمد)، صفة الصفوة 1/ 201].
§  Berkata Abdullah bin Mas’ud –radhiallah ‘anhu- : Sesungguhnya Aku sangat membenci seseorang yang pengangguran, tidak ada kegiatan dunia maupun kegiatan akherat. [ Sifat Ash Shoffah 1/201 ].

§       قال محمد بن علي رحمه الله لابنه: يا بني، إياك والكسل والضجر، فإنهما مفتاح كل شر. إنك إن كسلت لم تؤد حقًا، وإن ضجرت لم تصبر على حق. [الحلية (تهذيبه) 1/ 507].

§  Berkata Muhammad bin Ali –rahimahullah- kepada anaknya :” Wahai anakku, jauhilah sifat malas dan mudah berkeluh kesah, karena keduanya adalah kunci setiap kejelekan. Engkau jika malas tidak akan bisa melaksanakan sesuatu kebaikan, jika engkau gampang berkeluh kesah, maka engkau tidak akan bersabar dalam menjalankan kabaikan. [ Al Khilyah 1/507 ].

§       قال يحيى بن أبي كثير رحمه الله: لا يُستطاع العِلْمُ براحة الجسد. (2) [السير (تهذيبه) 2/ 627].

§  Berkata Yahya bin Abi Katsiir –rahimahullah- : “ tidak akan didapatkan ilmu dengan badan yang leha-leha” [ Siyar 2/627 ]


Berbagi ilmu dan faidah

Kunjungi kami
sditalfalahblogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar