Jumat, 07 April 2017

Mutiara Salaf 06

[ MEMBENCI POPULARITAS ]

Ulama Salaf adalah manusia yang terbaik amalannya, bersamaan dengan itu mereka tidak menyukai amalannya diketahui orang lain, akan tetapi mereka semata-mata ikhlas beramal mencari ridha Allah ta’ala.

الفضيل بن عياض رحمه الله: من أحبَّ أن يُذكَرَ لم يذكر، ومن كره أن يُذكر ذُكِرَ. [السير (تهذيبه) 2/ 777].
* وقال أيضًا رحمه الله: إن قدرت أن لا تعرف فافعل، وما عليك إن لم يثن عليك، وما عليك أن تكون مذمومًا عند الناس إذا كنت عند الله محمودًا. [الحلية (تهذيبه) 3/ 7].

§  Dari Fudhail Bin Iyadh-semoga Allah merahmatinya-berkata :
”Barang siapa yang mengingankan dirinya dikenal dikenang, maka Dia akan menjadi orang yang tidak dikenal dikenang. Barang siapa yang membenci dirinya dikenal maka Dia akan dikenal dikenang”.               [Siyar : 2/777]
§  Beliau juga berkata :”Berusahalah menjadi orang yang tidak terkenal, tidak merugikanmu jika Kamu tidak dipuji-puji, dan tidak merugikanmu jika Kamu tercela dihadapan manusia, tetapi kamu terpuji di hadapan Allah ta’ala”.
[Hilyah : 3/7]

عن بريدة بن الحصين - رضي الله عنه - قال: شهدتُ خيبر، وكنتُ فيمن صعد الثُّلمة، فقاتلتُ حتى رُئي مكاني، وعليَّ ثوبٌ أحمر، فما أعلم أني ركبتُ في الإسلام ذنبًا أعظمَ عليَّ منه - أي الشهرة. [السير (تهذيبه) 1/ 291].

§  Dari Buraidah bin Husain –semoga Allah meridhainya-, berkata :
“Aku termasuk orang yang ikut dalam perang Khoibar (melawan Yahudi) dan Aku termasuk orang yang berhasil memanjat benteng mereka, maka Aku memerangi mereka, sampai medan lagaku terlihat oleh orang-orang, dan Aku memakai baju yang berwarna merah, maka Aku merasa tidak pernah melakukan suatu dosa sejak masuk Islam yang lebih besar daripada itu- yaitu populer terlihat hebat dalam perang-. [ Siyar (ringkasan) : 1/291].

فضالة بن عبيد - رضي الله عنه - صاحب رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فقلت: أوصني رحمك الله، قال: أحفظ عني ثلاث خصال، ينفعك الله بهن؛ إن استطعت أن تعرف ولا تعرف فافعل، وإن استطعت أن تسمع ولا تتكلم فافعل، وإن استطعت أن تجلس ولا يجلس إليك فافعل. [الحلية (تهذيبه) 2/ 168].
§  Berkata Fadhalah bin Ubaid –semoga Allah meridhainya- :
”Jagalah 3 perkara, yang akan memberi manfaat kepadamu :
ü  Berusahalah untuk mengenal orang lain dan jangan menjadi orang terkenal.
ü  Berusahalah untuk menjadi pendengar dan jangan berbicara.
ü  Berusahalah untuk duduk (mencari ilmu dari orang lain) dan jangan orang lain duduk kepadamu. [ Al Hilyah (ringkasan) : 2/168 ].

وعن سهل بن منصور قال: كان بشر بن منصور رحمه الله يصلي يومًا فأطال الصلاة ورأى رجلاً ينظر إليه ففطن له بشر، فقال للرجل: لا يعجبك ما رأيت مني، فإن إبليس قد عبد الله مع الملائكة كذا وكذا. [الحلية (تهذيبه) 2/ 331].

§  Dari Sahl bin Manshur berkata :
bahwasannya Bisr bin Manshuur –semoga Allah merahmatinya- pernah suatu hari shalat, dengan shalat yang amat panjang.
Kemudian ada seorang laki-laki yang melihat shalatnya, Bisr pun mengetahuinya, kemudia Dia berkata kepada laki-laki tersebut : “Jangan Engkau kagum dari apa yang Engkau lihat dariku, sesungguhnya Iblis telah beribadah kepada Allah bersama Malaikat bertahun-tahun.....”      
                [ Al Hilyah 2/331]



Berbagi ilmu dan faidah
Kunjungi dan ulas kami :

sditalfalahblogspot.com




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar