Selasa, 18 April 2017

Mutiara Salaf 23

Mutiara Salaf  23

[ INTROPEKSI DIRI ]

Bersamaan dengan kemuliaan dan keshalihan mereka, ulama salaf senantiasa intropeksi diri, merasa dirinya banyak dosa dan banyak kekurangan, sehingga menjadikan mereka tetap menjadi yang terdepan dalam kebaikan, tidak ujub dan tidak puas diri dalam prestasi.
قال عبد الله بن مسعود - رضي الله عنه -: لو تعلمون ما أعلم من نفسي حثَيْتم على رأسي التراب. [صفة الصفوة 1/ 186].

§  Berkata Abdullah bin Mas’ud- semoga Allah meridhainya- :

“Seandainya kalian mengetahui, apa-apa yang aku ketahui tentang diriku sendiri, (maka) kalian akan menaburkan pasir di atas kepalaku”.

[Sifat Ash Shaffwah 1/186]

وقال محمد بن واسع رحمه الله: لو كان يوجد للذنوب ريح ما قدرتم أن تَدنوا مني، من نَتن رِيحي. [صفة الصفوة 3/ 192].

§  Berkata Muhammad bin Waasi’-semoga Allah merahmatinya- :

“Kalau seandainya dosa mempunyai bau, maka kalian tidak akan mampu berada di dekatku, disebabkan busuknya bauku”.

[ Sifat Ash Shaffwah 3/193]
وقال بكر بن عبد الله المزني رحمه الله: إذا رأيت من هو أكبر منك، فقل: هذا سبقني بالإيمان، والعمل الصالح، فهو خير مني، وإذا رأيت من هو أصغر منك فقل: سبقتُه إلى الذنوب والمعاصي، فهو خير مني، وإذا رأيت إخوانك يكرمونك ويعظّمونك فقل: هذا فضلٌ أُخِذوا به، وإذا رأيت منهم تقصيرًا، فقل: هذا ذنْب أحدثتُه. [صفة الصفوة 3/ 175، موسوعة ابن أبي الدنيا 7/ 527].

§  Berkata Bakr bin Abdillah Al Muzani-semoga Allah merahmatinya- :
“Jika engkau melihat orang yang lebih tua darimu, katakanlah : “orang ini telah mendahuluiku dengan iman, dan amal shalih, maka dia lebih baik daripada aku”.
Jika engkau melihat orang yang lebih muda darimu, katakanlah : “Aku telah mendahuluinya dengan dosa dan maksiat, maka dia lebih baik daripada aku”.
Dan jika engkau melihat kawan-kawanmu memuliakanmu dan mengagungkanmu, maka katakanlah :”ini berkat kemurahan (Allah) yang akan ada pertanggung jawaban”.
Dan jika engkau melihat kawan-kawanmu kurang (dalam menghormatimu) maka katakanlah :”ini disebabkan dosa yang aku perbuat”.

[Mausu’ah ibni Abi Dunya 7/527]

Berbagi ilmu dan faidah
Kunjungi dan ulas kami
sditalfalahblogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar