Rabu, 05 April 2017

Bagaimana Menjadi Guru Teladan 04

Guru Teladan  04

[ MENJADI SURI TELADAN YANG BAIK ]

Seorang pendidik harus bisa menjadi suri teladan yang baik, bagi murid-muridnya, dalam ucapannya, dalam perbuatannya dan dalam segala hal aktifitasnya.
Guru yang terbaik, seorang pendidik yang teladan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, Allah ta’ala menjelaskan :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
21. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.[ Al Ahzab 21 ]

Harus serasi antara ucapan dan perbuatan, tidak boleh seorang guru memerintahkan murid sesuatu kebaikan sedangkan dirinya sendiri tidak melakukannya.

Misalnya memerintahkan murid untuk rajin belajar, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, akan tetapi guru tersebut malas belajar dan senantiasa molor didalam mengerjakan tugas-tugasnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ (2) كَبُرَ مَقْتاً عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ (3)
“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”
[ Ash Shoff 2-3 ]




Berbagi ilmu dan faidah
Kunjungi kami
Sditalfalahblogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar