Jumat, 28 April 2017

Mutiara Salaf 32

Mutiara Salaf  32

[ PENGARUH KETAATAN & KEMAKSIATAN]

        Amalan ketaatan yang kita lakukan, manfaatnya yang merasakan adalah diri kita sendiri dan sebaliknya amalan kemaksiatan yang kita lakukan juga akan kembali kepada kita akibatnya.

عن ابن أبي ليلى قال: كتب أبو الدرداء - رضي الله عنه - إلى مسلمة بن مخلد الأنصاري: أما بعد، فإن العبد إذا عمل بطاعة الله أحبه الله، فإذا أحبه الله حبّبه إلى خلقه، وإذا عمل بمعصية الله أبغضه الله، فإذا أبغضه الله بغّضه إلى خلقه. [صفة الصفوة 1/ 299].

§  Dari Ibni Abi Laila, berkata : Abu Darda’-semoga Allah meridhainya menulis kepada Maslamah bin Khalid Al Anshary :

“Amma Ba’du : Sesungguhnya seorang hamba jika berbuat ketaatan kepada Allah maka Allah akan mencintainya, jika Allah mencintainya, maka Allah akan menjadikannya dicintai oleh makluk sesamanya.
Dan jika seorang hamba berbuat pelanggaran kepada Allah, maka Allah akan membencinya, jika Allah membencinya, maka Allah akan membuat makluk sesamanya membencinya”.

[Sifat Ash Shafwah 1/299]

وقال يحيى بن معاذ رحمه الله: على قدر خوفك من الله يَهابك الخلق، وعلى قدر حبّك لله يحبك الخلق، وعلى قدر شغلك بالله يشتغل الخلق بأمرك. [صفة الصفوة 4/ 343].

§  Dari Yahya bin Muadz-semoga Allah merahmatinya-

Sesuai kadar takutmu kepada Allah lah, orang lain menaruh wibawa kepadamu, dan sesuai kadar cintamu kepada Allah, orang lain mencintaimu, dan sesuai kadar perhatianmu kepada Allah, orang lain akan memperhatikan urusanmu”.

[Sifat Ash Shafwah 4/343]

عن صفية قالت: زلزلت المدينة على عهد عمر - رضي الله عنه - فقال: أيها الناس ما هذا؟ ما أسرع ما أحدثتم، لئن عادت لا أساكنكم فيها. [موسوعة ابن أبي الدنيا 4/ 434].

Dari Shafiyah-semoga Allah meridhainya-berkata :
“terjadi gempa di kota Madinah pada masa pemerintahan Umar-semoga Allah meridhainya- berkatalah Umar :

“Wahai manusia ada apa ini ? betapa cepat yang kalian perbuat (berupa kemaksiatan), kalau seandainya terulang lagi (gempa) tidak akan aku ijinkan kalian tinggal di Madinah”.

[Mausuah Ibni Abi Dunya : 4/343]



Berbagi ilmu dan faidah
Kunjungi dan ulas kami

sditalfalahblogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar