Sabtu, 08 April 2017

’Mutiara Salaf 08

Mutiara Salaf 08

[ BERBAKTI KEPADA ORANG TUA ]

Ulama Salaf adalah teladan terbaik dalam setiap medan amal, dalam shalat mereka adalah yang terbaik, dalam puasa mereka adalah yang terunggul, dalam jihad mereka adalah yang terdepan dan di dalam berinteraksi terhadap orang tua mereka adalah yang paling berbakti.
قال محمد بن المنكدر رحمه الله: بات عمر، يعني: أخاه، يصلي وبتّ أغمز رجْل أمي، وما أحب أنّ ليلتي بليلته. [صفة الصفوة 2/ 480].
§  Berkata Muhammad bin Munkadir – semoga Allah merahmatinya- :
“Saudaraku yang bernama Umar menghabiskan waktu malamnya untuk shalat, sedangkan Aku menghabiskan waktu malam dengan memijat kaki ibuku, dan Aku tidak menyukai (amalan yang aku lakukan pada) malamku digantikan (dengan amalan) malam yang dilakukan saudaraku”. [ Sifat Ash Shoffwah : 2/480 ].

عن ابن عون رحمه الله: أنه نادته أمه فأجابها فعلا صوتُه صوتَها، فأعتق رقبتيْن. [صفة الصفوة 3/ 222].
§  Diriwayatkan dari Ibni ‘Aun-semoga Allah merahmatinya- :
“Ibunya (pada suatu hari) memanggilnya, maka Dia menjawab panggilan ibunya dengan volume suara lebih tinggi dari volume suara panggilan ibunya, maka segera Dia membebaskan 2 orang budak (sebagai harapan penebus dosanya)”. [ Sifat Ash Shoffah : 3/222]

وقيل لعمرَ بن ذرّ رحمه الله: كيف كان بِرّ ابنك بك؟ قال: ما مشيتُ نهارًا قط إلا مشى خلفي، ولا ليلاً إلا مشى أمامي، ولا رَقيَ سطحًا وأنا تحته. [عيون الأخبار 3/ 101].
§  Ditanyakan kepada Umar bin Dzarin –semoga Allah merahmatinya: ”Bagaimana cara bakti anakmu kepadamu”?
Ø Tidak pernah Aku berjalan pada siang hari, kecuali (Anakku) pasti berjalan dibelakangku (sebagai penghormatan).
Ø Tidak pernah Aku berjalan pada malam hari, kecuali (Anakku) pasti berjalan di depanku (sebagai penjagaan).
Ø Tidak pernah aku naik loteng dalam keadaan posisi Aku dibawah Anakku. [ Uyuun Al Akhbar : 3/101 ]

Berbagi ilmu dan faidah

Kunjungi dan ulas kami :

sditalfalahblogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar