Jumat, 04 Januari 2019


Metode Salaf Dalam Pendidikan Anak 12

[ Allah Ta’ala Selalu Mengawasimu…Nak ]

Pesan Luqman kepada anaknya :

{يا بني إنها إن تك مثقال حبة من خردل فتكن في صخرة أو في السماوات أو في الأرض يأت بها الله}
 (Luqman berkata), "Wahai anakku! Sungguh, jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya balasan.
[ QS. Luqman : 16 ]

فعن ثابت بن قيس - رضي الله عنه - قال: أتى علي رسول الله وأنا ألعب مع الغلمان فسلم علينا، فبعثني في حاجة فأبطأت على أمي فلما جئت قالت: ما حبسك؟ فقلت: بعثني رسول الله - صلى الله عليه وسلم - لحاجة، فقالت: وما حاجته؟ قلت: إنها سر. قالت: لا تخبرن بسر رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أحداً.
[ HR. Muslim ]

Dari Tsabit bin Qois – semoga Allah meridhainya- berkata : Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendatangiku, sedang saya sedang bermain bersama anak-anak lain, maka beliau mengucapkan salam kepada kami, kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam memberi tugas khusus kepadaku, sehingga saya pulang terlambat kepada ibuku. Saat saya datang, berkatalah ibuku : “Apa yang membuatmu terlambat ? maka saya berkata : Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam memberi tugas khusus kepadaku. 
Ibuku berkata : tugas apa itu ? maka Saya menjawab : Sesungguhnya itu rahasia.
Maka ibuku berkata : “ Jangan sekali-kali membocorkan rahasia Rasulillah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada seorangpun.”
[ HR .Muslim ]

الإمام السلمي لما أراد الحج قال : استأذنت أمى في الحج , فقالت لى : توجهت إلى بيت الله فلا يكتبن عليك حافظاك شيئاً تستحي منه غدا .

 (سير أعلام النبلاء للذهبي 17/249)
Al Imam As Sulami pada saat hendak pergi naik haji berkata : “Saya minta izin kepada ibuku untuk pergi haji.
Berkatalah ibuku : “Engkau akan pergi menuju rumah Allah ta’ala, jangan sampai 2 malaikat penjagamu 
menulis sesuatu yang engkau merasa malu dikemudian hari.

SDS IT ALFALAH




Tidak ada komentar:

Posting Komentar