Senin, 14 Januari 2019


KAIDAH FIQHIYAH 01

[ Menggabungkan 2 niat dalam 1 ibadah ]

Dijelaskan oleh Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin -semoga Allah merahmatinya-

Permasalahan tersebut terbagi menjadi 3 bentuk :

1.       Jika ada 2 ibadah, salah satunya adalah pengikut dan penyempurna ibadah yang lain maka seperti ini tidak bisa digabungkan.
Contohnya          :
a.       Shalat sunnah 2 rekaat sebelum subuh dengan shalat wajib subuh 2 rekaat, tidak bisa seseorang shalat subuh 2 rekaat sekaligus niat shalat sunnah.
b.       Shalat Jumat dan shalat sunnah setelah shalat jum’at, tidak bisa seseorang shalat jumat sekaligus niat shalat sunnah setelah Jum’at.
c.       Puasa sunnah 6 hari bulan Syawal dengan puasa qadha’ mengganti puasa wajib. Tidak boleh seseorang niat puasa qodha sekaligus puasa syawal.

2.       Jika ada 2 ibadah, masing-masing punya kedudukan sendiri dan masing-masing punya tujuan dan keutamaan khusus. Maka seperti ini tidak bisa digabungkan.

Contohnya          :
a.       Shalat sunnah rawatib setelah isya’ dengan shalat sunnah witir. Tidak boleh seseorang shalat 2 rekaat niat shalat witir sekaligus shalat rawatib, kemudian shalat 1 rekaat penutup witir.
b.       Puasa qadha pengganti bulan Ramadhan dengan puasa Arafah 9 Dzulhijjah. Tidak boleh digabungkan.

3.       Jika ada 2 ibadah, salah satunya punya tujuan khusus dan keutamaan khusus dan ibadah yang kedua tidak punya keutamaan khusus. Maka seperti ini boleh digabungkan.

Contohnya          :

a.       Shalat sunnah 2 rekaat sebelum subuh dengan shalat sunnah tahiyatul masjid, maka boleh seseorang setelah adzan subuh masuk masjid shalat 2 rekaat niat rawatib dan tahiyatul masjid.
b.       Seseorang laki-laki pada hari Jumat pagi dalam keadaan junub kemudian mandi junub dengan 2 niat : mandi besar dan sekaligus mandi Jumat.

dalilnya adalah hadits Jabir dalam shahih Muslim tentang shalat Istikharah.

Majmu’ Fatawa wa Risalah Syaikh Utsaimin : 14 : bab shalat tathowwuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar