Rabu, 27 Februari 2019


Tahapan-Tahapan Pendidikan Anak
[ MERAWAT JANIN DENGAN BAIK ]

                Islam begitu memberi perhatian kepada ibu yang sedang hamil, dalam rangka menjaga kesehatan dan kebaikan janin yang ada dalam kandungan. Islam memberi banyak perhatian dan keringanan kepada ibu hamil, diantaranya :
1.    Meringankan dan lembut kepada ibu hamil :
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا
Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula) [al-Ahqâf/46:15]
2.    Boleh Untuk Tidak Puasa :
وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ
“Bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.”
Beliau (Ibnu Abbas) berkata: “Ayat ini adalah dispensasi untuk orang tua renta, baik laki-laki maupun wanita yang sudah tidak kuasa berpuasa, agar mereka berbuka, lalu memberi makan kepada orang miskin sebagai pengganti setiap harinya. Demikian juga bagi wanita hamil dan menyusui, Abu Dawud berkata, maksudnya jika mereka khawatir kepada anaknya, maka dia boleh berbuka (puasa)." (HR. Abu Daud, no. 1947, dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab Irwa'ul-Ghalil,  4/18, 25)

D. Penundaan Pelaksanaan Hukum kejahatan Bagi Wanita Hamil

Dasar keterangan mereka adalah hadits wanita Ghamidiyyah Radhiyallahu anha yang berbuat zina dan kemudian hamil. Disebutkan dalam hadits:
فَجَاءَتْ الْغَامِدِيَّةُ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي قَدْ زَنَيْتُ فَطَهِّرْنِي وَإِنَّهُ رَدَّهَا فَلَمَّا كَانَ الْغَدُ قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَ تَرُدُّنِي لَعَلَّكَ أَنْ تَرُدَّنِي كَمَا رَدَدْتَ مَاعِزًا فَوَاللَّهِ إِنِّي لَحُبْلَى قَالَ إِمَّا لَا فَاذْهَبِي حَتَّى تَلِدِي فَلَمَّا وَلَدَتْ أَتَتْهُ بِالصَّبِيِّ فِي خِرْقَةٍ قَالَتْ هَذَا قَدْ وَلَدْتُهُ قَالَ اذْهَبِي فَأَرْضِعِيهِ حَتَّى تَفْطِمِيهِ فَلَمَّا فَطَمَتْهُ أَتَتْهُ بِالصَّبِيِّ فِي يَدِهِ كِسْرَةُ خُبْزٍ فَقَالَتْ هَذَا يَا نَبِيَّ اللَّهِ قَدْ فَطَمْتُهُ وَقَدْ أَكَلَ الطَّعَامَ فَدَفَعَ الصَّبِيَّ إِلَى رَجُلٍ مِنْ الْمُسْلِمِينَ ثُمَّ أَمَرَ بِهَا فَحُفِرَ لَهَا إِلَى صَدْرِهَا وَأَمَرَ النَّاسَ فَرَجَمُوهَا
… Kemudian wanita Ghamidiyah datang seraya berkata: “Wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , aku telah berzina. Bersihkanlah aku”. Beliau menolaknya. Keesokan harinya, ia berkata: “Wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , kenapa engkau menolakku?. Mungkin engkau menolakku layaknya engkau menolak Maiz. Demi Allah Azza wa Jalla, aku benar-benar hamil”. Beliau menjawab: “Pergilah, kembali setelah engkau melahirkan”. Setelah melahirkan, ia mendatangi beliau dengan anaknya dalam balutan kain. Ia berkata: “Aku telah melahirkan”. Beliau berkata: “Pulanglah, susuilah ia sampai engkau menyapihnya”. Ketika ia telah menyapihnya, ia mendatangi beliau bersama anaknya yang memegang sepotong roti. Ia berkata: “Wahai Nabi Allah Azza wa Jalla, aku telah menyapihnya dan ia bisa makan roti”. Maka sang anak diserahkan kepada seorang lelaki dari kalangan Muslimin. Beliau memerintahkan untuk penggalian lubang sebatas dadanya. Orang-orang diperintahkan untuk melemparinya dengan batu…[HR. Muslim]
E. Kewajiban Menafkahi Istri Yang Hamil Yang Diceraikan
Sudah diketahui bersama, seorang wanita yang menjadi istri lelaki, maka biaya hidupnya ditanggung oleh suami, berdasarkan firman Allah Azza wa Jalla:
Allah Azza wa Jalla berfirman:
وَإِنْ كُنَّ أُولَاتِ حَمْلٍ فَأَنْفِقُوا عَلَيْهِنَّ حَتَّىٰ يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّ
Dan jika mereka (isteri-isteri yang sudah di talak) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka itu nafkahnya hingga mereka bersalin [ath-Thalâq/65:6]
Hal-hal ini menunjukkan :
-      Kepada para ibu yang sedang hamil untuk benar-benar marawat bayinya dengan baik dengan memberi nutri ruhani (banyak membaca Al Qur’an dan shalat Sunnah) maupun nutrisi Jasmani berupa makanan yang sehat.
-      Bagi para suami untuk meringankan beban pekerjaan istrinya saat hamil dan membantunya memasak, mencuci, membersihkan rumah dan pekerjaan lainnya.
Untuk menghasilkan generasi muslim yang shalih dan shalihan dan unggul.
SDS IT ALFALAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar