Minggu, 25 Agustus 2019


TIPS PENDIDIKAN

Memilihkan Teman Yang Baik Untuk Anak.

Siapa teman dekat putra putri kita, orang tua hendaknya mengetahuinya dengan baik, karena teman sangat berpengaruh terhadap agama dan akhlak anak kita.

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ


Orang itu tergantung agama temannya. Maka lihatlah siapa teman kalian. 

(Abu Daud dan Tirmidzi)

Maka orang tua hendaknya selalu berkomunikasi dengan guru, siapa teman duduknya, siapa teman bermainnya. Dan memilihkan teman yang baik untuk anaknya.

Berikut kriteria teman yang baik :

1. Selalu Mengajak Pada Kegiatan – Kegiatan Positif
Kegiatan atau pun aktivitas yang anda lakukan sehari – hari, akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan diri anda di masa yang akan datang. Untuk itu anda wajib memilih sekolah dan teman yang selalu mengajak kepada suatu kegiatan yang positif, seperti menghafal Al Qur’an dan shalat jama’ah.
2. Pilihlah Teman yang Jujur
Sosok yang mengedepankan kejujuran dalam islam tentu saja sangat membantu anda dalam membentuk karakter atau pun menemukan jati diri. Teman yang menjunjung tinggi sifat jujur, pasti akan sangat terbuka dengan anda mengenai apapun yang berhubungan dengan anda.
Jika ia tidak suka akan berkata tidak suka dan kemudian menjelaskan alasan kenapa tidak suka. Yang memperbaiki dan menasihati jika anak kita jatuh dalam kesalahan.
3. Pilihlah Teman yang Amanah
Seorang teman yang mempunyai sifat amanah dalam islam, pasti akan memperhatikan dengan baik apa yang anda titipkan atau pun percayakan kepadanya. Misalnya saja saat anda sedang mengalami masalah dan membutuhkan sosok teman untuk meringankan beban anda setelah anda menceritakannya. Menjaga rahasia dan menjaga harga diri dan kehormatan orang lain. Nah disinilah letak kepercayaan terhadap amanah yang anda titipkan kepadanya. Jika teman anda amanah, maka dia akan berusaha untuk tidak memberitahukan masalah anda kepada orang lain, karena siapa tau masalah tersebut adalah aib yang tidak baik jika diumbar ke sembarang orang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar