Persiapan Akreditasi SDS IT ALFALAH
Ada 2 komponen penting :
1. Perangkat administrasi pendidikan.
2. Sarana dan prasarana pendidikan.
- Perangkat administrasi yang harus dipersiapkan antara lain :
1. Silabus dan RPP. Walaupun secara konsep diperlukan penilaian dalam
jangka waktu 5 tahun namun seringkali penilaian hanya pada 2 tahun terakhir.
Untuk itu sekolah bisa mempersiapkan perangkat pembelajaran pada 1 tahun
terakhir dan tahun yang sedang berjalan.
Yang perlu diperhatikan adalah adanya revisi pada
perangkat pembelajaran antara 1 tahun terakhir dengan tahun berjalan. Hal ini
menunjukkan adanya kegiatan penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran.
Dan perbaikan itu harus terlihat jelas dan bisa ditunjukkan pada penilai pada
saatnya.
Selanjutnya semua perangkat pembelajaran itu harus
sudah ditandatangani baik oleh guru maupun kepala sekolah. Jangan lupa,
perangkatnya distempel juga.
2. Perangkat pembelajaran yang sudah terkumpul
harus dipilah-pilah, dipisah, dan dikelompokkan sesuai jenisnya yaitu Silabus,
RPP, Pemetaan SK-KD (KI-KD), Pemetaan Materi, dan lain-lain. Pengelompokan ini
penting karena masing-masing akan dihitung prosentasenya.
3. Perangkat pembelajaran di kelas juga perlu
dipersiapkan seperti buku presensi siswa, jurnal kelas, dan agenda mengajar.
Jangan lupa, agenda mengajar dan jurnal kelas harus diawali dengan informasi
sistem penilaian.
4. Selain perangkat pembelajaran, ada lagi
perangkat administrasi lainnya yaitu perangkat penilaian. Perangkat ini
meliputi
a.KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal),
b.instrument penilaian,
c. daftar nilai,
d.analisis ulangan, dan
e. program remedial dan pengayaan.
Instrument penilaian yang
baik meliputi ((kisi-kisi, soal, dan pedoman penskoran)).
Untuk ulangan harian,
setiap guru harus mengumpulkan contoh hasil ulangan yang sudah dilaksanakan,
diberi umpan balik, dan ditanda tangani orang tua siswa. Umpan balik yang baik
adalah yang menunjukkan kelebihan atau kekurangan materi yang belum dikuasai
siswa.
Perangkat penilaian juga meliputi penilaian tugas
terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur. Ini juga perlu diperdsiapkan
dan dikelompokkan sesuai jenisnya masing-masing. Apabila dokumen berupa kliping
hendaknya setiap kliping harus disertai komentar atau analisis dari siswa.
Jadi, bukan hanya sekadar kumpulan gambar atau artikel semata.
Pengumpulan perangkat pembelajaran dan
perangkat penilaian harus melibatkan secara aktif semua guru.
Untuk
menghitung target pencapaian dan mudah mengetahui prosentasenya, guru yang
bertugas perlu membuat check list pengumpulan masing-masing
perangkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar