Jumat, 29 September 2017

BEKAL GURU # 4
[ SELARAS ANTARA UCAPAN DAN AMALAN ]

Seorang guru mempunyai kedudukan yang tinggi di mata muridnya, sehingga ucapan dan perbuatannya harus senantiasa dijaga, dipelihara dan diselaraskan antara ucapan dan amalan.
Seorang guru tidak akan mampu mendidik muridnya menjadi pribadi yang mulia, kecuali gurunya memberikan contoh kemuliaan, seorang guru tidak akan mampu menjadikan muridnya baik kecuali memberikan contoh kebaikan.

Allah ta’ala mengingatkan kita dalam sebuah ayatnya :

[مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَاراً] (الجمعة: 5).

“permisalan orang-orang yang diberikan ilmu kitab Taurat, tetapi tidak mengamalkannya, seperti seekor keledai yang mengangkut lembaran2 kertas (ilmu)” [Al jumu’ah : 5]

قال الخطيب البغدادي ×: =فإن العلم شجرة، والعمل ثمرة، وليس يعد عالماً من لم يكن 
بعلمه عاملاً+.
اقتضاء العلم العمل للخطيب البغدادي ص14 


Berkata Al Khatib Al Bagdadi : “Sesungguhnya ilmu ibarat pohon dan amal buahnya, dan tidaklah seseorang dianggap berilmu selama tidak mengamalkan ilmunya”.

وقال: =فلا تأنس بالعمل ما دمت مستوحشاً من العلم، ولا تأنس بالعلم ما كنت مقصراً في العمل، ولكن اجمع بينهما وإن قلَّ نصيبُك منهما+
اقتضاء العلم العمل للخطيب البغدادي ص14

Beliau juga berkata :
“Jangan merasa bangga dengan amalmu, selama masih jauh dari ilmu, jangan merasa bangga dengan ilmumu selama masih teledor dalam amalanmu, GABUNGKAN  antara keduanya….!!! Walaupun sedikit kemampuannmu dari keduanya”.

© Abul Hasan Ali Cawas
عفى الله عنه و والديه و أهله




Tidak ada komentar:

Posting Komentar