Minggu, 01 Oktober 2017

BEKAL GURU # 5

[ MENJAGA PERSAUDARAAN DAN KERJASAMA ]

Dalam dunia pendidikan, sangat diperlukan kerjasama yang erat dan ta’awun antara sesama para guru agar tercapai cita-cita yang diinginkan.

لا يؤمن أحدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه+

“ kalian tidak beriman, sampai mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri”.

[HR Bukhori-Muslim]

قال أبو الوليد الباجي × في وصيته لولديه: =واعلما أني قد رأيت جماعة ليس لهم أقدار ولا أحوال، أقام أحوالهم، ورفع أقدارَهم اتفاقُهم وتعاضدُهم.
وقد رأيت جماعة كانت أقدارهم سامية، وأحوالهم نامية، مَحَقَ أحوالَهم، ووضع أقدارَهم اختلافُهم؛ فاحذرا أن تكونا منهم+.
([1]) النصيحة الولدية ص27.

Berkata Abul Waalid Al Baaji-semoga Allah merahmatinya- (membari wasiat kepada kedua anaknya) :

“Ketahuilah wahai kedua anakku, aku telah menyaksikan suatu jamaah yang asalnya tidak punya kekuatan dan kemampuan, kemudian muncul setelah itu kekuatan dan kemampuan mereka, disebabkan persatuan mereka dan kerjasama yang baik antara mereka”.
“dan juga telah aku saksikan suatu jamaah, yang asalnya kekuatan mereka sangat hebat dan kemampuan mereka sangat kuat, kemudian tergeruslah kemampuan mereka dan melemah kekuatan mereka, disebabkan perselisihan diantara mereka, HATI-HATILAH…JANGAN SAMPAI SEPERTI MEREKA”.

© Abul Hasan Ali Cawas
عفا الله عنه و والديه و أهله



وقال الشيخ عبدالرحمن ابن سعدي ×: =ومن أهم ما يتعين على أهل العلم _معلمين أو متعلمين_ السعيُ في جمع كلمتهم، وتأليف القلوب على ذلك، وحسم أسباب الشر والعداوة والبغضاء بينهم، وأن يجعلوا هذا الأمر نصب أعينهم، يسعون له بكل طريق؛ لأن المطلوب واحد، والقصد واحد، والمصلحة مشتركة


Tidak ada komentar:

Posting Komentar