Senin, 25 September 2017

BEKAL GURU # 1

[ SELALU SEMANGAT MENUNTUT ILMU DAN MENGAJARKAN ILMU ]

Mempelajari dan mengajarkan ilmu agama memiliki keutamaan yang mulia, kedudukan yang tinggi, bagi setiap guru hendaklah memahami hal ini dan senantiasa mengingat dan menghadirkannya dalam setiap aktifitasnya.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (11) }

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

[mujadilah : 11]


قال ابن عباس _رضي الله عنهما_: =العلماء فوق المؤمنين مائة درجة، ما بين الدرجتين مائة عام+.)
berkata Ibnu Abbas –semoga Allah meridhainya- :
“Orang yang berilmu diatas derajat orang-orang yang beriman 100 derajat, jarak antara satu derajat selama perjalanan 100 tahun.

(tadzkiratus sami dan mutakalim :27)


Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

“Sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya, penghuni langit, penghuni bumi, hingga semut di liangnya dan hingga ikan paus di lautnya pasti mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” 

(Diriwayatkan At-Tirmidzi).

قال وهب ابن منبه ×: =يتشعب من العلم الشرفُ وإن كان صاحبه دَنِيَّاً، والعز وإن كان صاحبه مهيناً، والقرب وإن كان قصيَّاً، والغنى وإن كان فقيراً، والمهابة وإن كان وضيعاً+.

Berkata Wahb bin Munabbih –semoga Allah merahmatinya- :

“Ilmu (agama) akan mengakibatkan kemuliaan bagi pemiliknya, walaupun asalnya dia orang hina, akan menghasilkan ketinggian bagi pemiliknya walaupun asalnya dia orang rendah, akan menimbulkan kedekatan bagi pemiliknya walaupun jaraknya jauh, akan menghasilkan kekayaan bagi pemiliknya walaupun dia orang miskin, akan menghasilkan kewibawaan bagi pemiliknya walaupun dia orang yang lemah.

(tazdkiratus saami wa mutakallim : 34).

Referensi :
(Kitab : Ma’al Muallimin)

© Abul Hasan Ali Cawas
-semoga Allah mengampuni dosa2nya, orang tuanya dan keluarganya-






.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar