Senin, 12 Maret 2018

UCAPAN GURU

IMAM BUKHARI

Shahih Al Bukhari yang merupakan kitab yang terbaik setelah Al Qur’an Kitabullah, jika seseorang mendengar hadits diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitab Shahihnya akan muncul kewibawaan dan ketenangan hati padanya, apa sebab penulisan kitab “Shahih Al Bukhari”.
Sebuah kalimat yang didengar oleh Imam Bukhari sehingga Allah ta’ala memberikan kemudahan penyusunan kitab tersebut.
Sebuah kata dari gurunya Ishaq bin Ruhawih : “ Seandainya ada salah seorang dari kalian menyusun sebuah kitab di dalamnya hadits hadits yang shahih dari Rasulillah -shalallahu ‘alaihi wa sallam, dalam satu kitab”.
Kata-kata ini menjadi inspirasi Imam Bukhari untuk meyusun sebuah kitab yang menjadikannya senantiasa dikenang oleh umat Islam setelahnya. ( Hady As Sary : 9 )

IMAM DZAHABI

Ini Imam Dzahabi yang jarang sekali tandingannya yang merupakan tempat kembali segala persoalan yang rumit, Imam Jarh wa ta’diil.
Apa sebab yang mendorongnya mendalami ilmu hadits ?
Beliau menceritakan sendiri dari gurunya Imam Al Barzaali, saat gurunya melihat gaya berjalannya, maka berkata : “Sesungguhnya gaya berjalanmu  seperti gaya berjalannya ahli hadits. Maka sejak itu Allah menganugrahkan rasa cintaku kepada ilmu hadits.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar