Senin, 12 Maret 2018

Fatwa-fatwa Pendidikan :

[ NASIB ANAK ZINA ]

Pertannyaan :

                Apakah anak zina bisa masuk surga jika dia taat kepada Allah ta’ala atau tidak ? apakah dia ikut menanggung dosa -orang tuanya- atau tidak ?

Jawab   :
                Anak zina tidak menanggung dosa atas perbuatan zina yang dilakukan orang tuanya. Karena bagaimanapun itu bukan perbuatannya. Akan tetapi dosa menjadi tanggung jawab kedua orang tua itu sendiri, berdasarkan firman Allah ta’ala :

لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ
Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.

Al Baqarah : 286

وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ ۚ
dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain.
Al An’am 164

                Soal nasib anak zina itu kelak di akhirat, sama dengan nasib manusia yang lainnya, jika dia taat kepada Allah semasa hidup di dunia, beramal shalih dan meninggal dalam keadaan Islam, maka dia akan masuk surga. Jika dia durhaka kepada Allah dan meninggal dalam keadaan kekafiran, maka dia termasuk penghuni neraka. Dan jika dia beramal shalih dan beramal jahat, dan meninggal dalam keadaan Islam, maka urusannya terserah Allah, jika Allah kehendaki Dia bisa mengampuninya dan jika Dia kehendaki bisa untuk menghukumnya. Dan kalau masuk surga, itu karena anugrah dan rahmat dari Allah ta’ala.
                Adapun hadits yang menyatakan bahwa anak zina itu tidak akan masuk surga adalah hadits maudhu’ (palsu)
                Wabillahi taufiq, semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada Nabi kita Muhammad beserta segenab keluarga dan para sahabatnya.

Lajnah Daimah
(Fatawa Al Islamiyah : 4/522)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar