Minggu, 18 Februari 2018

PEMBELAAN DAN NASIHAT ULAMA SALAF KEPADA ULAMA SALAF LAINNYA.

SYAIKH ABDUL MUHSIN AL ABBAD KEPADA SYAIKH ROBI’ BIN HADI HAFIZHAHUMULLAH


Pertanyaan: 

Telah tersebar pada akhir-akhir ini celaan dari sebagian pelajar yang ditujukan kepada sebagian Masyaikh Ahlu Sunnah yang membela al haq dengan ucapan dan tulisan mereka semisal Syaikh Robi’ Al Madkholi dan selainnya, dengan anggapan bahwa Masyaikh ini tidak menyisakan seorang pun (untuk dibantah) dan umat butuh untuk bersatu dan meninggalkan saling membantah antar mereka.
Apa nasihat Anda wahai Syaikh yang mulia kepada para pemuda ini?

Jawaban:

Yang wajib adalah saling menasihati dan tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.
Dan sepantasnya seseorang menjaga lisannya dari ucapan yang bisa membahayakannya.
Bantahan adalah perkara yang perlu jika keadaan mengharuskannya. Apa yang menghalangi dari yang namanya bantahan?
Apakah dikatakan hikmah jika membiarkan kemungkaran dan kebatilan tanpa membantahnya?
Dan orang yang membantah kemungkaran tersebut lantas kita cela?
Ini tidak boleh.
Bahkan bantahan merupakan bentuk nasihat dan bentuk amar ma’ruf nahi mungkar.
Kesimpulannya: sepantasnya seorang untuk menjaga lisannya dari ucapan yang bisa membahayakannya.
Dan seorang ulama semisal Syaikh Robi’ Al Madkholi, jika beliau membantah dengan bantahan yang tepat, maka ini adalah bentuk nasihat dan kemanfaatannya akan kembali kepada umat manusia.
[ Pelajaran Syarh Sunan Abi Dawud.  Rekaman Fatwa No: 217 ]
* Alih bahasa: Syabab Forum Salafy
Syaikh Abdul Muhsin Al-'Abbad juga berkata tentang Syaikh Robii' ;

الشيخ ربيع من المشتغلين بالعلم في هذا الزمان، وله جهود جيدة وعظيمة في الاشتغال بالسنة، وكذلك التأليف، فله تآليف جيدة وعظيمة ومفيدة؛ ولكنه في الآونة الأخيرة انشغل بأمور ما كان ينبغي له أن ينشغل بها، وكان ينبغي له أن يشتغل بما كان عليه أولاً من الجد والاجتهاد في الكتابة المفيدة، وفي الآونة الأخيرة حصل منه بعض أمور لا نوافقه عليها، ونسأل الله عز وجل أن يوفقنا وإياه لكل خير، وأن يوفق الجميع لما تحمد عاقبته. وأنا لا أطعن فيه، ولا أحذر منه، وأقول: إنه من العلماء المتمكنين، ولو اشتغل بالعلم وجد فيه لأفاد كثيراً، وقبل مدة كانت جهوده أعظم من جهوده في الوقت الحاضر، فأنا أعتبر الشيخ ربيعاً من العلماء الذين يسمع إليهم، وفائدتهم كبيرة؛ ولكن كل يؤخذ من قوله ويرد، وليس أحد بمعصوم، ونحن نخالفه في بعض الأمور التي حصلت لا سيما في هذا الزمان مما حصل من الفتنة التي انتشرت وعمت، وصار طلاب العلم يتهاجرون ويتنازعون ويتخاصمون بسبب ما جرى بينه وبين غيره، حيث انقسم الناس إلى قسمين، وعمت الفتنة وطمت، وكان عليه وعلى غيره أن يتركوا الاستمرار في هذا الذي حصلت به الفتنة، وأن يشتغل الكل بالعلم النافع دون هذا الذي حصل به التفرق والتشتت

"Syaikh Robi' termasuk orang-orang yang sibuk dengan ilmu di zaman ini, dan beliau memiliki jasa yang baik dan besar dalam hal kesibukan beliau dengan sunnah, demikian pula tulisan-tulisan yang baik, agung, dan bermanfaat. Akan tetapi di masa-masa terakhir ini ia tersibukan dengan perkara-perkara yang tidak selayaknya ia tersibukan dengan perkara-perkara tersebut. Seyogyanya ia sibuk kembali kepada kesibukannya dahulu berupa kesungguhan dan ijtihad dalam penulisan yang bermanfaat. Di masa-masa terakhir muncul darinya beberapa perkara yang kami tidak setuju dengannya, dan kami berharap Allah memberikan taufiq kepada kami dan kepadanya kepada seluruh kebaikan, dan juga memberi taufiq kepada parkara yang indah kesudahannya. Aku tidak mencelanya dan tidak pula mentahdzirnya, dan aku berkata : Syaikh Robi' termasuk ulama yang mutamakkin, kalau seandainya ia menyibukan diri dengan ilmu dan bersungguh-sungguh maka ia akan memberikan manfaat yang besar. Beberapa waktu yang lalu usaha/jasa beliau lebih besar daripada sekarang. Aku menganggap Syaikh Robi' termasuk ulama yang didengar dan faedah para ulama tersebut besar, akan tetapi semua orang diambil perkataannya dan ditolak, tidak ada seorang ulamapun yang maksum. Kami menyelisihi beliau dalam beberapa perkara yang telah terjadi, terlebih lagi di zaman ini yang menimbulkan fitnah yang tersebar dan beredar. Maka jadilah para penuntut ilmu saling menghajr dan saling berselisih dan bermusuhan dikarenakan perselsisihan yang terjadi antara Syaikh Robi' dengan selain beliau. Sehingga terpecalah oring-orang menjadi dua kubu, dan fitnah tersebar dan besar. Seharusnya ia dan yang lainnya hendaknya meninggalkan sikap terus menerus pada perkara ini yang menimbulkan fitnah, dan hendaknya semuanya sibuk dengan ilmu yang bermanfaat bukan sibuk dengan perkara yang menimbulkan perpecahan dan percerai-beraian"

(silahkan lihat http://www.youtube.com/watch?v=jy4ooTR8hyE)

Asy-Syaikh Al-Abbad berjumpa Asy-Syaikh (Robi’) Al-Madkhaly hafizhahumallah.
Bertemunya Syaikh kami Al-Muhaddits Al-Allamah Abdul Muhsin Al-Abbad dengan Syaikh kami Al-Muhaddits singa Sunnah dan penolongnya Robi’ Al-Madkhaly hafizhahumallahu yang semoga Allah memberkahi umur beliau berdua. Hal itu terjadi di Masjid Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.
Maka kemarin sesudah shalat isya, tatkala Asy-Syaikh Robi’ keluar dari pintu As-Salam, mereka berkata : ”Asy-Syaikh Al-Abbad datang, beliau ingin mengucapkan salam kepada anda.” Maka Asy-Syaikh Robi’ berkata : ”Hayyahullahu.” Dan benar datanglah Asy-Syaikh Al-Abbad di atas kursi roda beliau dan keduanya saling berjabat tangan. Dan demi Allah sebelumnya Asy-Syaikh Robi yang menyambut sambil mengatakan : ”Hayyakumullah, hayyakumullah”.
Maka demi Dzat Yang mengangkat langit dengan tanpa tiang, sebuah pemandangan yang menentramkan hati dan menyejukkan hati. 
التقاء شيخنا المحدث العلامة عبدالمحسن العباد
بشيخنا المحدث وأسد السنة وناصرها ربيع المدخلي -حفظهما الله وبارك في أعمارهما-
وذلك في مسجد رسول الله -صلى الله عليه وسلم-
فبالأمس و بعد صلاة العشاء لما خرج الشيخ ربيع في باب السلام قالوا له : جاء الشيخ العباد يريد أن يسلم عليك!
فقال الشيخ ربيع :حياه الله
وفعلاً جاء الشيخ العباد على كرسيه المتحرك، وتصافحا، ووالله قبله الشيخ ربيع من الجابين وكان يقول حياكم الله حياكم الله.
فبالذي رفع السماء بغير عمد كان مشهد يقر العين و يثلج الصدر




Demikianlah para ulama kita, saling mendukung dan saling membela satu dengan yang lainnya, jika ada kekurangan saling memberi nasihat dan tetap menjaga persatuan dan kasih sayang antara mereka.

Mari kita tiru dan teladani mereka….


Forum Salafy Solo Raya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar