Jumat, 18 Oktober 2019


Tips Mencegah Dan Mengobati Anak Kecanduan Gadget.
SAHABAT KELUARGA – Sering kita temui anak-anak yang tak bisa lepas dari gawai. Bahkan sepulang sekolah, ketimbang mengganti baju dan mengambil sepiring nasi, mereka lebih memilih duduk di sofa atau mengurung diri di kamar bersama HP nya. Seolah HP telah menjadi bagian hidup yang tak mungkin dipisahkan.

Membuat sebuah status, melihat status orang-orang lain begitu menyenangkan, apalagi bagi mereka yang baru menginjak bangku SMP. Biasanya pada usia ini muncul RASA INGIN POPULER dan DIKAGUMI BANYAK ORANG.

Ada beberapa usaha dan tips bagi orang tua untuk mencegah atau minimal mengurangi pengaruh negatif dari gadget :

1.  Pertama : Contoh dari orang tua :

Anak tertarik dengan HP biasanya karena melihat orang tuanya asyik dengan HP, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu apa yang ada dalam HP tersebut.

Maka usahakan jika bersama anak, orang tua menjauhkan diri dari HP jangan dipegang sementara disimpan, karena seberapa penting isi HP, pendidikan anak kita lebih penting.

Jika berkumpul dengan anak anak, maka lepaskan HP ini akan memperkuat komunikasi dan kedekatan orang tua dengan anak.


2.  Kedua : Sibukkan waktu anak dengan kegiatan positif  :

Setelah pulang sekolah diisi dengan tidur siang misalnya, atau kegiatan bermain dan olah raga bersama, ke lapangan bermain bola, lari-lari atau olah raga lainnya sesuai bakat dan kegemaran anak kita. lainnya.

Setelah shalat magrib dengan taklim di masjid atau makam malam bersama, setelah shalat isha’ dimanfaatkan dengan belajar dengan didampingi orang tua.

Menjelang tidur, bacakan cerita kisah Nabi dan para shahabat -salafus shalih- sampai mereka tidur dengan adab tidur yang benar.

Saat liburan orang tua hendaknya membuat acara-acara yang bermanfaat baik di rumah atau di luar rumah.

Kegiatan masak-masak, bersih bersih rumah, makan bersama atau rekreasi keluarga yang baik

3.  Sediakan fasilitas :

Sediakan di rumah permainan-permainan edukatif yang menyenangkan dan sesuai syariat.

Juga sarana olah raga sesuai bakat anak kita, seperti meja ping pong, ring basket, bola kaki dll.


Terkadang anak sudah terlanjur lama telah menggunakan gadget dan tidak bisa dihilangkan secara total, maka sikap orang tua adalah berusaha meminimalkan bahaya :

1.  Pertama : Buat kesepakatan dan aturan :

Jangan berikan gawai dengan bebas, tapi katakanlah “Ayah Ibu pinjamkan smartphone ini padamu dengan rentetan kesepakatan untuk hal yang bermanfaat. Kalau ada hal- hal negatif, smartphone ini Ayah Ibu ambil”. Jadi kalau anak membuka berbagai konten negatif, orang tua berhak mengambil gawai dari anak.

Kedua : Memasang Parental control :
 ketika membeli gawai, minta bantuan petugas toko untuk memasang parental control yang mencakup situs-situs yang diblokir dan timer pemakaian gawai.

Ketiga,: Memeriksa history
Sering- seringlah  memeriksa history atau sejarah penelusuran di gawai. Tegaskan pada anak, bahwa  orang tua berhak menentukan hal itu karena gawai itu milik orang tua dan anak hanya meminjamnya.

Keempat : Jangan dikunci :
Pastikan anak tidak mengunci ponsel dengan sandi atau pola. Jika sudah dikunci beri pengertian kepada anak maksud dan tujuan dari pelarangan kunci ponsel.



Sumber: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar