Senin, 07 Oktober 2019


Hikmah Al Qur’an 06
بسم الله الرحمن الرحيم

Selasa :
09 Shafar 1441 H
08 Oktober 2019 M

Mari kita awali hari ini dengan amalan kebaikan yang terbaik dan termulia,  yaitu mengkaji ilmu dari ayat-ayat suci Al Qur’an.

Firman Allah Ta’ala :

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
(Al Fatihah : 7)
Makna Ayat Ini       :
a.   Jalan yang lurus, jalan keselamatan yang mengantarkan kita kepada surga Allah adalah jalannya orang orang telah diberikan nikmat oleh Allah, yaitu jalannya para Nabi, para shiddiqin, para syuhada dan para shalihin yaitu para sahabat Nabi, yang ciri mereka adalah menggabungkan antara ilmu bermanfaat dan amal shalih.

b.   Jalan  yang akan mengantarkan kepada siksa dan neraka Allah adalah jalannya orang yang Allah murkai yaitu Yahudi yang mempunyai sifat berilmu tetapi tidak beramal.

c.    Jalan yang akan mengantar kepada siksa Allah adalah jalannya orang Nashara yang mempunyai sifat semangat beramal tetapi tanpa dilandasi ilmu.

Hikmah Ayat Ini      :

Setiap hari dalam kehidupan kita, marilah kita pelajari bagaimana petunjuk Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya dalam segala aspek kehidupan kita, karena itulah jalan yang pasti benar dan lurus yang sudah mendapat jaminan dari Allah.
Sedang petunjuk selain petunjuk dari Nabi shalallahu alaihi wa sallam dan sahabatnya, belum tentu benar, bisa benar bisa salah.
Mari kita ikuti petunjuk dan metode Nabi shalallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya dalam ibadah, hubungan pribadi kita kepada Allah, karena itu metode yang terbaik.
Mari kita ikuti petunjuk Nabi shalallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya dalam kehidupan rumah tangga kita, hubungan antara suami dengan istri, karena itu metode yang terbaik.
Mari kita ikuti petunjuk Nabi shalallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya dalam pendidikan anak anak kita, karena itu metode yang terbaik.
Mari kita ikuti petunjuk Nabi shalallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat, karena itu metode yang terbaik.
Mari kita ikuti petunjuk Nabi shalallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bagaimana sikap kita yang benar jika pemerintah kita adil dan baik?
Bagaimana sikap kita yang benar jika pemerintah kita dhalim?
Semua sudah ada petunjukknya dengan lengkap dan sempurna.


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar