Senin, 06 Agustus 2018

Persiapan Akreditasi SDS IT ALFALAH

Ada 2 komponen penting :
1. Perangkat administrasi pendidikan.
2. Sarana dan prasarana pendidikan.

  • Perangkat administrasi yang harus dipersiapkan antara lain :


1. Silabus dan RPP. Walaupun secara konsep diperlukan penilaian dalam jangka waktu 5 tahun namun seringkali penilaian hanya pada 2 tahun terakhir. Untuk itu sekolah bisa mempersiapkan perangkat pembelajaran pada 1 tahun terakhir dan tahun yang sedang berjalan.

Yang perlu diperhatikan adalah adanya revisi pada perangkat pembelajaran antara 1 tahun terakhir dengan tahun berjalan. Hal ini menunjukkan adanya kegiatan penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran. Dan perbaikan itu harus terlihat jelas dan bisa ditunjukkan pada penilai pada saatnya.
Selanjutnya semua perangkat pembelajaran itu harus sudah ditandatangani baik oleh guru maupun kepala sekolah. Jangan lupa, perangkatnya distempel juga.

2. Perangkat pembelajaran yang sudah terkumpul harus dipilah-pilah, dipisah, dan dikelompokkan sesuai jenisnya yaitu Silabus, RPP, Pemetaan SK-KD (KI-KD), Pemetaan Materi, dan lain-lain. Pengelompokan ini penting karena masing-masing akan dihitung prosentasenya.

3. Perangkat pembelajaran di kelas juga perlu dipersiapkan seperti buku presensi siswa, jurnal kelas, dan agenda mengajar. Jangan lupa, agenda mengajar dan jurnal kelas harus diawali dengan informasi sistem penilaian.

4. Selain perangkat pembelajaran, ada lagi perangkat administrasi lainnya yaitu perangkat penilaian. Perangkat ini meliputi 

a.KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), 
b.instrument penilaian,
c. daftar nilai, 
d.analisis ulangan, dan
e. program remedial dan pengayaan. 

Instrument penilaian yang baik meliputi ((kisi-kisi, soal, dan pedoman penskoran)). 
Untuk ulangan harian, setiap guru harus mengumpulkan contoh hasil ulangan yang sudah dilaksanakan, diberi umpan balik, dan ditanda tangani orang tua siswa. Umpan balik yang baik adalah yang menunjukkan kelebihan atau kekurangan materi yang belum dikuasai siswa.
Perangkat penilaian juga meliputi penilaian tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur. Ini juga perlu diperdsiapkan dan dikelompokkan sesuai jenisnya masing-masing. Apabila dokumen berupa kliping hendaknya setiap kliping harus disertai komentar atau analisis dari siswa. Jadi, bukan hanya sekadar kumpulan gambar atau artikel semata.

Pengumpulan perangkat pembelajaran dan perangkat penilaian harus melibatkan secara aktif semua guru. 
Untuk menghitung target pencapaian dan mudah mengetahui prosentasenya, guru yang bertugas perlu membuat check list pengumpulan masing-masing perangkat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar